Wednesday, September 14, 2016

Apa Itu Ip Address

Post Ke 4 kali ini... 
Kali ini membahas tentang ip address ..
langsung saja 


Apa itu IP AddressIp adress (internet protocol address) merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

#1. Apa Fungsi Ip Address ?? 
Fungsi Dari Ip Address adalah sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.

#2. Ip Address Di gunakan Sebagai alamat lokasi jaringan 
fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukan lokasi keberadaan kita .

Jenis Jenis Ip Address 


1# IP versi 4 (IPv4)
IP Addres versi 4 atau yang lebih dikenal dengan IPv4 adalah versi yang umum dipakai pada saat ini, terdiri atas 4 oktet, dimana setiap oktet mampu menangani 255 buah komputer atau perangkat di dalamnya. Sehingga bila dikalkulasikan 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625 buah host.
Angka besar ini untuk teknologi yang maju seperti sekarang sudahlah tidak relevan untuk menampung pengalamatan semua komputer dan perangkat yang saling terhubung. Untuk mengatasi keterbatasan ini salah satu caranya adalah menggunakan NAT (Network Address Translation), yaitu sebuah cara untuk membagi, mengubah, dan memodifikasi pemetaan dari sebuah IP Address.
2# IP versi 6 (IPv6)IPv6 atau IP Address versi 6 adalah pengalamatan versi terbaru dalam jaringan komputer, yang diciptakan untuk menangani masalah keterbatasan daya tamping dari versi sebelumnya, yaitu IPv4. Jika dibandingkan dengan IPv4 yang hanya memiliki 4 oktet dan masing � masing oktet dapat menampung 255 host, maka IPv6 memiliki 16 oktet yang masing � masing oktetnya dapat menampung 255 host. Maka jika dikalkulasikan secara keseluruhan, IPv6 dapat menampung sekitar 3,4 Trilyun host.

No comments:

Post a Comment