Wednesday, September 14, 2016

Tips Berinternet yang aman dan sehat

lanjut lagi dari post sebelumnya...
kali ini juga akan membahas tentang internet lagi
tapi kali ini beda , kali ini saya akan bahas tentang berinternet yang aman dan sehat
oke langsung aja cekidot

TIPS INTERNET AMAN DAN SEHAT

Internet...? siapa sih yang gk tau tentang internet ?? pastinya kalian semua tau kan . Apa lagi internet itu luas , bisa untung mencari teman , uang bahkan jodoh :v jika kalian beruntung sihh ... tapi ada saja orang yang salah menggunakan internet itu dengan jahat atau tidak baik contohnya saja , spamming , phising , hacking , penipuan , perjudian dan yang lainya . Tapi di post kali ini saya akan berikan sedikit tips berinternet yang aman dan sehat.
Image result for internet

untuk menghindari kejadian atau dampak negatif yang ditimbulkan dari aktivitas internet, bisa juga disebut dengan istilah preventif. berikut beberapa tips ber internet aman dan sehat yang bisa di terapkan di berbagai jejaring sosial , facebook , twitter , instagram , path , dan lain lain.

1. Jangan terlalu sering mengumbar kegiatan pribadi anda , bisa saja orang risi melihatnya dan mengecam anda sebagai orang yang sombong . 

2. Jangan sepenuhnya mudah percaya tentang informasi yang berada di internet , bisa saja itu berita hoax , penipuan , atau juga pembawa virus seperti malware . periksa dan pilah pilah informasi tersebut pilihlah web atau blog yang terpercaya saja :D 

3. Tulis contact person anda dengan singkat
Tulis dengan singkat , ini akan menambah kenyamanan anda dalam aktivitas internet anda , takkan ada yang mengetahui anda secara jelas.

4. Jangan sesekali mencantumkan data pribadi anda ke jejaring sosial anda , misalnya pin , nomor hp , kartu kredit , password dan lain sebagainya . Sebab bisa digunakan orang dengan sembarangan .

5. Unggah foto dengan sopan . sebab apa jika anda mengunggah foto dengan tidak sopan anda akan di kecam orang sebagai orang yang menjijikan dan anda akan dikucilkan orang dari dunia maya.

6. Jangan gunakan fasilitas log in otomatis sebab jika seseorang sedang menggunakan komputer anda maupun itu teman , sebab semua data pribadi kamu tersimpan didalam komputer kamu apa lagi jika bermain di warnet gunakan lah private browser , cek lah dikomputer tersebut apakah ada keylogger atau tidak .

7. Pastikan anda log out sesudah menggunakan jejaring sosial . memang sih kebanyakan orang lupa log out jika ia sudah selesai menggunakan komputer tapi ini menyebabkan bahaya tingkat tinggi , bisa saja akun anda dibajak oleh orang lain apa lagi itu akun bank . 

8. tetap ingat waktu , jika sudah waktunya larut malam ya sudah tidur saja . jika waktu menujukan waktu sholat , berhenti sejenak lalu sholat . jangan pernah tinggalkan ibadah , istirahat 30 menit jika mata merasa lelah jangan paksakan jika punggung sudah mulai terasa sakit.......

sekian tips dari saya... semoga bermanfaat :D 






No comments:

Post a Comment