Friday, September 16, 2016

Cara Mengatasi dan Mencegah Virus Ransomware

OK balik lagi walaupun jeda waktu update yang cukup lama :v 

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mecegah Virus Ransomware ?? 
berikut caranya
Pertanyaan yang sering ditanyakan

saya tidak dapat mengakses pc dan file-file saya . bisakah saya membayar dan mengambil kembali akses komputer saya ?? 


Banyak pihak yang merekomendasikan kita untuk tidak membayar. tidak ada jaminan kalu kita sudah membayar kita bisa mendapatkan kembali hak akses kita , Membayar tebusan juga bisa membuat anda menjadi target lebih banyak malware. 

Bagaimana cara melindungi komputer anda dari ransomware

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus ini : 


1. Menginstall dan menggunakan antivirus yang selalu update 
2. pastikan semua software anda semua up-to-date
3. Hindari meng-klik link yang tidak terpercaya atau membuka lampiran dari orang yang tidak anda kenali 
4. pasang pop up blocker di browser anda 
5. backup file file penting anda secara teratur 

Untuk Membackup anda bisa memanfaatkan penyimpanan cloud untuk menyimpan data anda . Dengan menyimpan di cloud data anda akan aman dari pada membuat folder , layanan cloud yang tersedia sekarang sudah banyak di google . 


Bagaimana Ransomware Bisa Tau Ip Saya ? 

Alamat ip biasanya tidak tersembunyi , banyak tool online yang dapat mengetahui ip kita , mungkin ransomware menggunakan tool ini . 


Bagaimana Ransomware Bisa Masuk Ke PC Kita ? 

dalam kebanyakan kasus ransomware didownload secara otomatis ketika anda menunjungi website berbahaya atau website yang sudah di retas. ransomware juga dapat masuk melalu lampiran email , biasanya pelaku akan menamai file ransomware dengan nama yang menipu dan extensinya adalah .exe , misalnya laporantugas.pdf.exe .

Apakah Ransomware Bisa Dihapus Dengan Antivirus ? 


Ya, Dalam Kebanyakan kasus , software kemanan yang bagus seharusnya dapat menghapus virus ransomware dari komputer anda, tergantung ripe virus ransomware yang menginfeksi komputer kita. 


Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Membayar Tebusan Ransomware ? 

Biasanya waktu pembayaran sudah ditentukan oleh sang pelaku . jika korban tidak membayar sampe dengan batas waktu yang ditentukan akan ada ancaman akan hilangnya file atau dokumen yang ada di komputer anda .

Bagaimana Saya Tahu Bahwa Ransomware Sudah Menginfeksi Komputer Kita 

anda akan melihat pesan pop-up yang minta pembayaran , pembayaranpun bisa berkisar antara ratusan hingga ribuan dollar , pembayaran harus dilakukan dengan mata uang anonim misalnya bitcoin . 

Apakah Ransomware Menyerang Windows Saja ? 

Tidak. Ransomware juga ada yang dibuat untuk linux , Mac Os bahkan Android pun ada . tapi dalam banyak kasus ransomware hanya menyerang windows.

Apakah Benar Bahwa Pihak Yang Berwenang Didaerah Saya Telah mendeteksi kegiatan ilegal Di PC saya ? 

Tidak, peringatan ini palsu dan tidak ada hubungannya dengan pihak yang berwenang. Pesan menggunakan gambar dan logo lembaga hukum untuk membuatnya terlihat lebih asli.


Jadi selalu berhati-hatilah dengan malware yang satu ini. Jika sudah terinfeksi, maka data tidak bisa dibuka bahkan sampai antivirus sekalipun tidak bisa mengatasinya. Demikian artikel tentang ransomware, semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment